Belajar Hangeul Part 3

Ini adalah mata pelajaran yg sebetulnya untuk anak Taman Kanak-Kanak alias T.K sangat dasar dan mudah sekali, dan kalau sudah bisa yang ini, pasti udah bakal bisa nulis Hangeul

jadi nya gw ga akan kasi kosakata dulu, karena mnrt gw ithu sama sekali ga penting. nah di Hangul ithu ada huruf vokal dan konsonan. Vokal terdiri dari a , i , u , e , o klo Indonesia, klo Korea, ada 10 buah. Nah klo konsonan korea ada 14 buah. ini baru vokal dan konsonan tunggal, belum ke vokal dan konsonan rangkap.(klo ga salah gw y, uehehehe)

Ini dia daftar nya:

Vokal:

ㅏ (a)    ㅓ (eo)   ㅗ (o)

ㅜ (u)   ㅡ (eu)   ㅣ (i)

ㅐ (ae)    ㅔ (e)  ㅑ (ya)

ㅕ (yo)    ㅛ (y0)

ㅒ(yae)    ㅖ(ye)    ㅠ (yu)

Konsonan:

ㅂ(p, b)          ㅈ(c, j)     ㄷ(t,d)

ㄱ(k,g)            ㅅ(s)        ㅁ(m)

ㄴ(n)              ㅇ(kosong, ng)       ㄹ(l,r)

ㅎ(h)              ㅋ(kh)                       ㅌ(th)

ㅊ(ch)          ㅍ(ph)

Tambahan:

ㅃ (pp)
ㄸ (tt)
ㄲ (kk)
ㅆ (ss)

nah diatas ini, termasuk konsonan juga, dan di bagian vokal ada tambahan lain, cuma malas gw nulis nya, tp yang diatas ini, udah cukup sebagai dasar.jadi tinggal nulis dan baca gampang klo udah hafal huruf-huruf diatas, masalah mengartikan, cari kamus aja, hohohoh..

sebenernya ada bnyk yg blg, bahasa korea, jepang dan cina ithu ga bisa belajar sendiri, ga spt bahasa inggris yang gampang bisa belajar sendiri, tp ada juga yang bilang dan berpengalaman belajar sendiri, bahkan korea dan jepang nya udah sampe level 3. mau pilih belajar sendiri atau diajarin terserah kalian, cuma masalah nya spt nya pengucapan huruf ga bakal bisa belajar sendiri, harus ada native yang harus melafalkan, ya mungkin bisa dengerin orang korea ngomong atau nonton drama.

contoh: Super Junior, orang korea bilang nya Suphe – Junio yang terdiri dari huruf:

슈퍼주니어 =ㅅ +ㅠ +ㅍ +ㅓ +ㅈ +ㅜ +ㄴ +ㅣ+ㅇ +ㅓ

bisa dilihat diatas adalah huruf o, jadi yang nama nya huruf vokal, ga bisa berdiri sendiri, maka nya dibantu sama konsonan ㅇ.

contoh lain:이승현 (Lee Seung Hyun: nama asli Seungri), berhubung lee dibaca orang korea ee(baca: i) maka disusun oleh huruf i yang iniㅣ, nah karena vokal ga bisa berdiri sendiri, maka nya dibantu sama ㅇ(baca: ieung). selebih nya sama, gabungkan saja huruf s dengan eu+ng dan h + yu + n.

cara menulis ya spt diatas, Konsonan Vokal Konsonan Vokal, Konsonan Vokal, Konsonan Vokal(dibawah vokal ada konsonan), dan Vokal Konsonan.

dah!! segitu aja dulu yee, capek neh..

gmn, gampang kan??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: